Kata Sambutan

Bergulirnya wacana seni rupa dalam medan sosial terus mengalir dari waktu ke waktu, terkait dengan berbagai tawaran bahasa visual maupun pemikirannya.

Hal ini tak bisa dilepaskan dari upaya para pelaku seni rupa itu sendiri, atau event-event pameran diberbagai tempat dengan dukungan pola manajemen yang tertata serta termediasikan secara baik dalam rangka meningkatkan daya apresiasi masyarakat terhadap perkembangan karya seni (lukis) dewasa ini.

Minat masyarakat yang terus menguat, sudah tentu para pihak penyelenggara pameran (galeri) dituntut untuk menyajikan karya-karya yang lebih selektif. Sebagaimana dapat menyajikan karya-karya yang menarik dan tematik, saya selalu pro-aktif mengikuti perkembangan karya-karya yang dihasilkan para seniman. Untuk memenuhi pemahaman saya semacam itu, secara sepintas saya mencoba mengamati dan mengkaji kecenderungan seni lukis genarasi akhir era 90-an dan awal era 2000-an di Yogyakarta, niscaya banyak seniman muda yang memiliki potensi dalam perkembangan seni kontemporer dewasa ini, artinya kreativitas para seniman muda tidak lagi terkotak-kotak atau mengikuti kaedah-kaedah aliran maupun gaya tertentu yang berkembang dalam sejarah seni rupa barat. Akan tetapi justru para seniman muda sekarang berani ber-eksplorasi menjelajah berbagai kemungkinan bahasa visual dan wacana pemikiran.

Salah satunya, Yunizar setelah sekian lama saya mengikuti perkembangan karya-karyanya yang "unik" baik mengenai teknis, bentuk, tema, dan saya kira layak untuk di-mediasikan guna disimak dan dikaji perkembangannya.

Oleh karena itulah Emmitan Fine Art Gallery sangat antusias untuk memamerkan karya-karya Yunizar dalam bentuk pameran tunggal karya-karya seni lukisnya baik pada kanvas maupun kertas yang dihasil tiga tahun terakhir ini (2003-2006), agar bisa dipelajari dan diapresiasi oleh masyarakat seni secara lebih luas dan jauh.

Dengan begitu, secara umum saya berharap event pameran ini dapat memberikan sumbangsih untuk meningkatkan, memperluas dan merangsang pemahaman sebagai ruang proses belajar untuk mendapatkan pengetahuan yang komprenhensif khususnya tentang karya seni lukis kontemporer Generasi Era 2000-an Yogyakarta.

Selamat mengapresiasi dan menikmati.

Hendro Tan
EMMITAN Fine Art Gallery