Konsep Proyek Ruang per Ruang


Ini adalah sebuah proyek seni dengan identitas diri sebagai sebuah respon ruang yang berkelanjutan, dimana ruang yang semula hanya sebuah ruang yang bersifat statis dan mempunyai fungsi yang standar [apa adanya] ataupun ruang yang sama sekali sudah tidak mempunyai fungsi, Proyek Ruang per Ruang mencoba memperluas makna ruang menjadikan sebuah kontruksi yang lebih dinamis yang tidak hanya mempunyai nilai fungsi tapi lebih jauh membentuk hubungan sosial budaya dengan lingkungannya [keluarga, teman dekat, tetangga atau masyarakat sekitar] dalam sebuah bentuk karya seni ruang.

Menurut Arahmaiani, "Yang menarik dan luar biasa dari pameran ini adalah konsep pendekatan ruangnya. Kenapa disebut sebagai sebuah proyek karena pendekatan mereka terhadap ruang sama sekali berbeda dari yang biasa dilakukan dalam sebuah pameran. Seniman diundang untuk berhadapan langsung dengan ruang yang dipilihnya dan dinegosiasikan dengan peserta lain, lalu berkarya di sana "merespons" ruang tersebut." ("Budaya Visual Tandingan Lawan Arus Utama", KOMPAS, 2/6/02)

Ruang yang dipilih sebagai lokasi proyek tidak lepas dari ruang fisiknya sebagai tempat menggelar sebuah interaksi antara karya dan penonton. Dengan menggunakan ruang fisiknya, diharapkan memancing kreatifitas seniman untuk membaca ruang beserta elemen-eleman didalamnya yang kemudian memaknainya, dan pada akhirnya proses membaca dan memaknai ini dituangkan dalam bentuk karya seni yang menyatu dengan ruang yang ada.