KONSEP KARYA / ARTIST'S STATEMENT

Roni Wibowo

Bermain dirumah Michelle Chin
2004
paint, stone carvings
Dam-daman Macan 500 x 270 cm; Dam-daman 240 x 220 cm


Struktur fisik dan bangunan sekitar rumah Michelle Chin mengingatkan pada kondisi desa kelahiran saya 20 tahunan yang lalu. Kondisi dimana masih banyak rumah dengan halaman luas dipenuhi pepohonan, jarak antar tetangga yang agak berjauhan, suasana jalan tanah, lansekap persawahan, bau jerami dibakar, dan banyak lagi yang semuanya menimbulkan kenangan bahagia masa kanak-kanak saya.

“Dam-daman” adalah sebuah permainan interaktif, yang dulu sering dimainkan oleh anak-anak dengan menorehkan ranting ditanah untuk membuat garis yang membentuk bidang permainan dan menggunakan pecahan genting dan kerikil sebagai pion-pion permainan. Ada tiga jenis permainan “dam-daman” yang saya kenal yaitu; dam-daman, dam-daman macan, dan dam-daman mobil. Disetiap daerah permainan ini memiliki aturan permainan yang berbeda. Dam-daman mobil merupakan perkembangan terakhir dari dua permainan sebelumnya. Dam-daman mobil saya kenal ketika berusia antara 10-11 tahun.

Permainan dam-daman yang saya buat dirumah michelle ada dua yaitu; dam-daman macan dan dam-daman. Dam-daman memiliki background cerita tentang perang antar desa. Sedangkan dam-daman macan bercerita tentang seekor macan gunung yang kelaparan dan menyerang penduduk desa yang berada di kaki gunung. Karena penduduk desa tersebut kewalahan maka mereka meminta bantuan dari desa sebelah.