KONSEP KARYA / ARTIST'S STATEMENT

Bambang Toko Witjaksono

Transparan / Transparent
2004
light bulbs, plastic, water, prints
25 pieces: each 5.5 cm x 5.5 cm x 11 cm


Transparan menyiratkan sesuatu yang secara visual demikian gamblang untuk dilihat. Meskipun sebenarnya sesuatu yang transparan berfungsi sebagai tabir/bungkus/pembatas antara yang didalam dan yang duliuar, tetapi pembatas itu sendiri sangat relatif pemaknaannya, tergantung darimana kita melihatnya. Sehingga kemudian, fungsinya dapat dipertanyakan: Apakah untuk menutupi atau untuk memperjelas yang ada di dalam? Atau sedikit/samar-samar menutupinya? Atau sekadar membuat jarak antara yang didalam dengan yang diluar?

Jarak antara yang di dalam dengan yang di luar dapat menjadi area tersendiri, suatu wilayah yang abu-abu, sebuah wilayah transisi atau sebuah wilayah yang 'netral'.

Adanya jarak juga akan mengakibatkan terbentuknya posisi yang berhadapan: antara yang di dalam dengan yang di luar, antara aku dan dia, antara kami dengan mereka, antara subyek dan obyek, bahkan bisa menjadi sebuah posisi biner yang benar-benar berlawanan: antara benar dan salah, antara baik dan buruk, hingga posisi yang paling ekstrem secara politis: anatara kawan dan musuh.