KONSEP KARYA / ARTIST'S STATEMENT

Arya Pandjalu
re-Kreasi / re-Creation
2004
laser print (photographer Heru Suranto), styrofoam
160 x 35 cm (7pieces)


Berawal dari memperhatikan interior di dalam rumah yang dipenuhi benda-benda seni (lukisan, patung, dsb), yang menurutku tidak jauh beda dengan gallery atau semacam museum kecil, mungkin pemiliknya merasa seperti itu, tapi ini hanya sebuah terkaan bebas . . . . . . . .

Lalu berdasarkan itu aku coba merespon dengan menempatkan karya didepan sebuah karya.

Pigur-pigur dengan berbagai pose didepan sebuah karya, seperti halnya orang ketika menonton atau memperhatikan karya di dalam sebuah gallery atau museum.

Karya ini semacam peleburan antara pelaku (kreator) dan penonton atau semacam berada dalam kedudukan yang sama sederajat antara kreator ketika berhadapan dengan sebuah karya, dengan penonton ketika berada di depan sebuah karya, posisinya sama yaitu sama-sama sebagai penonton.

Begitu kira-kira mentalitas kita ketika masuk ke dalam sebuah ruang yang dipenuhi dengan benda-benda yang menarik, menggoda perhatian kita banyak respon yang akan dilakukan. Tidak beda dengan kebudayaan, ia tidak dibangun oleh sesuatu yang otentik, melainkan hasil pembacaan respon, tukar menukar, serta pemanfaatan gagasan yang dilakukan bersama-sama.