INDOSIAR NEWS | 11 april 2007

FOKUS
Pameran Seni Rupa : Kuda, Sahabat yang Terlupakan

indosiar.com, Jakarta - Sadarkah anda bila kuda pernah begitu dipuja sebagai cikal bakal kendaraan peradaban manusia. Namun sahabat sejati peradaban itu kini menjadi sahabat yang terlupakan. Inilah pesan geografi yang digelar seniman Ugo Untoro dalam pamerannya yang bertemakan kuda di Galeri Nasional Jakarta.

Kuda-kuda ini bukanlah kuda-kudaan, tapi benar-benar kuda. Namun kuda-kuda ini sudah mati. Bentuknya ada yang utuh, sedangkan yang lain tinggal tubuh tanpa kepala dan kaki. Bahkan hanya potongan kaki, kulit dan tengkorak kepala saja. Tapi jangan salah sangka, kulit dan tengkorak kuda diambil dari tempat penyembelihan didaerah Plered, Bantul, Yogyakarta.

Poem of Blood

Ya.. inilah pemandangan pameran karya seniman Ugo Untoro yang digelar di Galeri Nasional Jakarta. Kuda pernah begitu dipuja sebagai kendaraan. Namun ketika manusia tenggelam dalam kemajuan industri, sahabat yang selama sejarah peradaban mendampingi manusia kini mulai dilupakan bahkan dibuang.

Ugo ingin mengungkapkan kecemasannya karena manusia bisa juga tergilas oleh hasil peradabannya sendiri. Seperti halnya kuda yang dikhianati oleh peradaban industri transportasi. (Rafael Don Bosco dan Herman Worotikan/Sup)

* source: http://news.indosiar.com/news_read.htm?id=60819